Trisila Juwantara Ketua Asosiasi Pengusaha Oleh – Oleh (ASPOO) Provinsi Jawa Tengah.

Smartdepok.Com – Wonosobo. Asosiasi Pengusaha Oleh – Oleh (ASPOO) Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh Trisila Juwantara pengusaha sukses Carica dan Mie Ongklok dari Kota Wonosobo Jawa Tengah.

Ditengah kesibukannya Trisila Juwantara menerima smartdepok.com diruang kerjanya, Kamis (24/02/2022) dan menyampaikan, ASPOO ini bersinergi dan bimbingan dari Dinas Koperasi dan UKM . Provinsi Jawa Tengah ,.dengan tujuan meningkatkan jaringan dan distribusi pemasaran,serta meningkatkan omzet pemasaran, dan membuat outlet toko oleh-oleh disetiap daerah se-Jawa Tengah , kemudian Maju Bareng – Maju Dalam Kebersamaan.

“ASPOO adalah merupakan kumpulan dari beberapa UKM unggulan di Jawa Tengah dengan visi dan misi serta bertujuan yang sama untuk memajukan UKM , serta mengatasi masalah yang klasik di pemasaran. Anggota ASPOO tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jawa tengah dan saat ini anggotanya sejumlah 250 anggota. “tutur Tri.

Dikatakan oleh Trisila Juwantara , ASPOO membuat jejaring antar wilayah kabupaten/kota dengan effektif dan effisien. Anggota ASPOO didorong untuk membuat toko oleh-oleh diwilayahnya (daerahnya)., dengan tujuan untuk menampung sebahagian besar produk anggota. Mengingat jejaring pemasaran yang sudah dibuat, maka akan terkoneksi satu sama.lainnya. Misalkan, wilayah barat, timur, tengah ,Utara dan Selatan.

“Saat ini sudah berdiri toko oleh-oleh sekitar 50 persen dari anggota , sehingga UKM ini terbantu dari sisi distribusi dan pemasaran dengan cost yang murah. ASPOO ini juga sebagai jembatan untuk berhubungan dengan.pihak.ketiga yang lebih besar. Contoh, punya link pemasaran ke Bali kirim berbagai produk yang dibutuhkan dengan armada truck. Disatu sisi pihak vendor cukup berhubungan dengan ASPOO.”papar Tri.

Masih dari Trisila.Juwantara, pada tahun lalu (2021) ASPOO mendapat kepercayaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menglola parcel lebaran. Terlebih disaat pandemi covid-19 ada kepedulian dari pihak Provinsi Jawa Tengah Bela dan Beli produk UKM.

“ASPOO dapat mendistribusikan produk UKM anggota senilai Rp 2 miliar dalam waktu kerja sekitar satu setengah bulan. Dan yang menggembirakan adalah testimoni maupun dari para pengguna merasa puas dengan service yang kita berikan.. Artinya produknya bagus, harga bisa diterima dan kemasan keren. Dan pada tahun ini (2022) kembali ASPOO dipercaya untuk mengelola parcel tersebut dengan dikeluarkan Instruksi Gubernur.”papar Tri.

Lanjutnya, tahun ini ASPOO akan melakukan Road Show ke 35 Kabupaten dengan melibatkan mitra pihak ketiga dengan kepakarannya , seperti halnya memberikan motivasi, merubah mainset yang tidak monoton, membantu memanage usaha skala kecil, menengah dan besar , prediksi tren budaya kedepan dengan super komputer , komunikasi dengan pelanggan dan lainnya.

“Pasar usaha terbentuk dan transaksi jual beli itu terjadi maka akan membantu pemulihan ekonomi pelaku UKM, prinsipnya ASPOO.ini bergerak secara mandiri. Namun apabila ada kepedulian dan atau perhatian dari pemerintah akan lebih bagus lagi. Sistem ini dapat diduplikasi didaerah lain kenapa tidak ? ASPOO selalu berinovasi, berkarya selama dua belas tahun , untuk kesejahteraan anggota ASPOO.”urai Tri.

Dirinya mengutarakan, ASPOO sedang menjalin kolega diluar negeri untuk kiranya dapat membantu dan menerima produk UKM , karena user dan atau peminatnya ada. ASPOO melakukan klasifikasi produk unggulan anggota , seperti halnya produk minuman, produk makanan kering, produk dengan sterilisasi komersial dan lainnya adalah regulasinya berbeda.

“Dengan berbagai produk UKM yang regulasinya berbeda.ini akan dibantu oleh pihak Pemerintah Provisi. Dilain pihak, Pemerintah Provinsi membantu promosi UKM Jawa Tengah di Dubai Expo pada tahun ini. Kemudian difasilitasi dengan Diaspora diberbagai negara untuk berkomunikasi. Harapannya ASPOO mendorong dari 35 kabupaten/kota masing – masing mempunyai produk unggulan dengan unitness yang berbeda. Pergerakan dari bawah yang riil dengan pemberdayaan pelaku UKM dari ASPOO.””pungkas Tri.

ASPOO Provinsi Jawa Tengah didukung oleh pembina yang mumpuni, yakni Prof. Zainal Abifin Hasibuan, DR. Aqua Dwipayana, Edy Suharto..SH. Ir.Agus Subagyo. M.T. Sucahyo. SH.M.H. (koes-didi)