Penilaian Kompetensi ASN Jadi Dasar Idris Menempatkan SDM.

Smartdepok.Com – Depok. Wali Kota Depok, Mohammad Idris hadir dalam rapat hasil penilaian kompetensi bagi pejabat penyetaraan di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Selasa (12/07/2022). Hasil penilaian tersebut disampaikan oleh tim asesor BPSDM Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

Usai kegiatan, Idris mengatakan, hasil penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Depok, rata-rata cukup baik. Sebanyak 143 ASN Depok sebelumnya telah mengikuti pelatihan sejak 30 Mei hingga 3 Juni 2022.

“Penilaian yang sudah dipaparkan rata-rata cukup baik. Ada yang sangat baik, tapi rata-rata cukup baik,” kata Idris.

Lebih lanjut, dia menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh untuk realisasi Sistem Merit (The Guardian of Merit System) dalam penempatan sumber daya manusia (SDM).

“Jadi ke depan kita sudah ada data, misalnya Fulan otomatis memang bidangnya di sana, kompetensi dasarnya, kompetensi kecerdasan emosionalnya, dan bermacam-macam (untuk penempatan SDM),” jelas Idris.

Dia berharap, kedepan Pemkot Depok dapat mengoptimalkan pendekatan ini dalam melakukan penempatan SDM di tiap perangkat daerah. Meski, imbuhnya, tidak terlepas dari subyektivitas.

“Yang sudah ikut ujian nanti bisa berkonsultasi ke bagian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk menanyakan follow up seperti apa, potensi yang harus dikembangkan. Yang akan dikembangkan masing-masing dalam pelatihan, penyuluhan dan lain sebagainya,” tutupnya.(peci merah).