Ekspose Kelurahan Pangkalan Jati Dalam Lomba Kinerja Dan Inovasi Tingkat Kota Depok Tahun 2022.

Smartdepok.Com – Depok Jaya. Lurah Pangkalan Jati Tarmuji melakukan ekspose kelurahan dalam Lomba Kinerja Dan Inovasi Tahun 2022 . Bertempat di Gedung Serba Guna kelurahan Depok Jaya kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, Senin (30/05/2022).

Dalam eksposenya Tarmuji mengungkapkan, struktur organisasi kelurahan sudah terpenuhi dan lengkap.. Kelurahan Pangkalan Jati adalah merupakan salah satu pintu gerbang Kota Depok sebelah Utara yang berbatasan dengan kelurahan Pondok Labu Jakarta Selatan.. Dengan luas 286 ha. Terdiri dari 7 RW dan 42 RT.

“Jumlah penduduk 28.399 jiwa yang terdiri dari laki – laki 17.039 jiwa dan perempuan 11.360.jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 9.663 .. Untuk sarana pendidikan memiliki TK dan PAUD ada 5 .SD dan MI ada 2, Mts ada 1, SMK, Perguruan Tinggi dan SLB masing- masing 1.” Ungkap Tarmuji.

Masih dari paparan Tarmuji, selain sarana pendidikan kelurahan Pangkalan Jati juga memiliki sarana kesehatan berupa Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jantung, praktek bidan 2 kemudian klinik ada 2, dokter praktek ada 2, laboratorium swasta ada 1 . Kemudian posyandu ada 12 , pos Bindu 4., Pos Maja 4.

“Untuk sarana perekonomian terdapat Mall ada 2, Rumah Makan ada 2 dan mini market ada 5, Bank, Pegadaian, Koperasi masing-masing 1. Adapun untuk sarana olah raga miliki lapangan tenis meja 8, lapangan bulu tangkis 5 dan lapangan futsal 1 , lapangan basket 1, lapangan volley 1 dan lapangan golf 1.” urai Tarmuji.

Dikatakan oleh Tarmuji, pada saat pandemi covid-19 kelurahan Pangkalan Jati memberikan pelayanan kepada warga dan sistem Jemput Bola (Sijempol). Membantu pendaftaran perijinan UMKM secara online, melakukan pembinaan UMKM dan Bank Sampah bersama tim penggerak PKK untuk meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat.

“Sekretaris Lurah sebagai koordinator bansos sudah membagikan kepada warga yang isoman dan atau yang terdampak covid-19. Bersama 3 pilar kelurahan, LPM, tokoh masyarakat dan agama membantu Satgas Covid-19 di kelurahan dan Kampung Siaga RW di 7 RW. Dengan tujuan pencegahan dini dan membantu monitoring kesehatan di tingkat RW.”papar Tarmuji.

Lanjutnya, Satgas Covid-19 dan Kampung Siaga RW melakukan sosialisasi pencegahan covid-19 dengan melakukan protokol kesehatan membagikan masker dan handsanitizer , serta pembubaran kerumunan warga yang melanggar PPKM. Melaporkan ke UPT.Puskesmas secara online bagi warga yang terpapar covid , penyemprotan disinfektan disetiap rumah dan jalan.

“Pemberian sembako dari pemerintah dan dari lumbung pangan kampung siaga RW , dan melakukan kolaborasi dengan terkait dalam hal pemulasaran jenazah yang meninggal karena covid-19.. Disamping itu, tim penggerak PKK dalam kiprahnya selama pandemi covid-19, yakni pembinaan UMKM dan Bank Sampah, pemberian makanan balita stunting dalam.program D’Sunting Menara. Vaksinasi warga sudah mencapai 94,56 %.”pungkas Tarmuji.

Prestasi yang diperoleh kelurahan Pangkalan Jati adalah Go Green dari tempat pembuangan sampah (TPS) dan kampung pemulung, diharapkan untuk dijadikan taman.kelurahan .Sertifikat ODF, penghargaan Tingkat Kelurahan Terbersih ke II Kota Depok tahun 2021. (peci merah).